Kunjungan Kerja Uda Wagub ke Pasaman : Dalam Rangka Memperkuat Brand Pasaman Land of Equator

Dalam kunjungan kerja Uda Wagub Audy Joinaldy ke Pasaman Sabtu (5/2/22), digelar pertemuan dan silahturahmi di Rumah Dinas Bupati dan dilanjutkan presentasi di ruang Rapat Bupati Pasaman.

Dalam ekspos Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS mengatakan untuk kepariwisataan Pasaman akan mengambil tagline "Pasaman Land of Equator".

Rencana ini akan diperkuat dengan beberapa perencanaan kedepannya, diantaranya perencanaan program Tugu Equator, Event Equator (2 kali dalam setahun), penataan ulang taman equator dengan menambahkan Planetarium yang hanya ada di Jakarta dan Kutai serta merumuskan aktivitas reguler pengisian SDM kepariwisataan. Ditambahkan juga, untuk pembangunan Planetarium tersebut memerlukan dana tidak sedikit, sehingga perlu sharing pendanaan baik dari APBD Kabupaten, Provinsi (BKK) dan APBN.

Uda Wagub Audy Joinaldy dalam pertemuan ini menyampaikan bahwa agar Pasaman dapat dikenal, dapat dilakukan dengan membuat konten promosi untum memperkenalkan Pasaman dari berbagai aktivitas pariwisata. Media sosial seperti Tiktok juga bisa menjadi referensi untuk mengangkat pariwisata dan konten tersebut akan dibagikan oleh seluruh OPD di Pasaman.

Untuk awalnya, silahkan buatkan proposal Bupati untuk bisa dibantu nantinya dalam bentuk Bantuan Keungan Khusus (BKK), dan kalau bisa juga dapat dibantu oleh DPRD Provinsi dari Dapil Pasaman. Selanjutnya pembinaan Pokdarwis akan jadi perhatian Provinsi. Untuk Festival Equator akan jadi perhatian Kadispar Sumbar terkait apa yang bisa dibantu. Selain itu juga disarankan mengundanng Kepala Daerah yang dilewati equator se-Indonesia. Sedangkan untuk program dari pusat akan difasilitasi dengan Kementerian Kebudayaan dan Kementerian Pariwisata.

Kadispar Sumbar, Luhur Budianda Sy menambahkan sebenarnya Pemerintah Provinsi selain Equator juga mempunyai beberapa program untuk Pasaman, yaitu mendorong Pasaman menjadi Geopark Nasional, membantu kawasan destinasi Pasaman dengan program CHSE Mandiri termasuk desa wisata.

Diakhir pertemuan juga diminta saran dan pendapat dari unsur pentahelix yang merupakan penggiat pariwisata, M. Zuhrizul. Ia menyampaikan perlunya keterlibatan dunia pendidikan dalam program "equator goes to school atau school goes to equator" dan pihaknya akan fokus bina Pokdarwis di daerah termasuk Pasaman bersama kawan-kawan penggiat pariwisata lainnya, katanya mengakhiri.

Agenda malam kunjungan ini dilanjutkan dengan acara temu ramah bersama pelaku pariwisata di Balerong Pusako Anak Nagari yang dihadiri langsung oleh Bupati Pasaman (Benny Utama) dengan berbagai harapan, salah satunya perhatian yang lebih dari Pemprov Sumbar. (Rilis Dispar Sumbar - Doni)

#wonderfulindonesia #tasteofpadang #ayokesumbar #pariwisatasumbarbersih #sumbarmadani #padang #pesisirselatan #padangpariaman #pariaman #agam #pasaman #pasamanbarat #bukittinggi #limapuluhkota #payakumbuh #padangpanjang #tanahdatar #kabupatensolok #kotasolok #sawahlunto #sijunjung #dharmasraya #solokselatan #mentawai #sumaterabarat #pasamanlandofdequator Mahyeldi Ansharullah Audy Joinaldy