Sumbar akan Miliki Pemandu Geowisata Bersertifikat

Sumbar akan Miliki Pemandu Geowisata Bersertifikat

Geopark akan menjadi salah satu orientasi kepariwisataan Sumbar di masa mendatang, dengan adanya keberadaan 3 Geopark Nasional (Maninjau-Sianok, Silokek, Sawahlunto) dan 4 Geopark lainnya yang sedang dalam proses pengusulan status Nasional (Talamau, Harau, Singkarak dan Solok Selatan).

Sebagai kategori quality tourism, paket wisata minat khusus Geopark diyakini akan menambah jumlah kunjungan segmen wisata khusus untuk tinggal lebih lama dengan jumlah pengeluaran yang lebih besar. Sumatera Barat punya nilai lebih karena keunikan dan kompetitor sejenis relatif belum banyak di Indonesia.

Sebagai langkah persiapan, untuk pertama kalinya pada hari kamis 12 November 2020 dilakukan proses uji sertifikasi bagi 30 orang pemandu geowisata dari 8 Kabupaten/ Kota selama 3 hari yang dilakukan Dinas Pariwisata Provinsi bekerjasama dengan LSP Pramindo di Kota Sawahlunto.

Harapannya tentu Sumbar akan punya pemandu-pemandu yang kompeten serta komunikatif dan mampu menarik lebih banyak wisatawan minat khusus ke Sumatera Barat di masa mendatang.

 

#WonderfulIndonesia

#TasteofPadang

#GeoparkRanahMinang

#SertifikasiPemanduWisata