Sharing Sumber Daya

Sharing Sumber Daya
Salah satu ide bernas yang diutarakan Tim Penilai Peduli Wisata Awards (PWA) 2020 adalah sharing sumberdaya secara formal dengan Perguruan Tinggi dalam pengembangan kepariwisataan Sumatera Barat.
 
Hal tersebut sangat relevan, pertama karena banyak pihak sudah sependapat bahwa pariwisata adalah motor penggerak ekonomi Sumatera Barat. Kedua, karena Pemerintah dalam hal ini Dinas Pariwisata Provinsi dan Kabupaten/Kota punya banyak keterbatasan, namun punya target kinerja terukur. Ketiga, karena diketahui Perguruan Tinggi punya Sumber Daya Manusia (SDM) serta dana penelitian dan pengabdian masyarakat yang jumlahnya relatif besar dan belum ada upaya untuk menyakinkan agar mendukung kepariwisataan.
 
Pada hari Senin (26/10/20), pertama kali dilakukan diskusi awal antara Dinas Pariwisata Provinsi dan Kabupaten/Kota, Tim Penilai PWA serta 8 dari 12 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Perguruan Tinggi yang ada di Sumatera Barat. Alhamdulillah, diskusi ini menghasilkan kesepakatan untuk "sharing" sumberdaya dalam pengembangan pariwisata Sumatera Barat dimasa mendatang.