Dispar Sumbar Sukses Gelar Studi Banding dan Widyawisata Penas Tani Nelayan ke-XVI Tahun 2023

Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat berpartisipasi menyukseskan gelaran Penas Tani Nelayan ke-XVU Tahun 2023 dengan menggelar kegiatan Studi Banding dan Widyawisata, Senin (12/6).

Kegiatan ini merupakan salah satu bagian kegiatan Penas Tani Nelayan yang diharapkan bisa menjadi ajang berbagi inspirasi, motivasi, wawasan dan pengalaman antar-petani nelayan dari seluruh Indonesia. Yang tidak kalah penting, kegiatan ini juga menjadi kesempatan menyebar pesan-pesan promosi ke seluruh Indonesia.

Dalam kegiatan ini, utusan masing-masing Provinsi se-Indonesia diajak berkunjung untuk melakukan Studi Banding ke Kebun Buah Kandih (Sawahlunto) untuk mempelajari dan berbagi informasi tentang revitalisasi lahan bekas tambang menjadi lahan produktif. Selanjutnya, para peserta juga diajak mengunjungi Nagari Tabek di Kabupaten Tanah Datar untuk berbagi informasi tentang budidaya Padi Salibu yang sekali tanam bisa dipanen beberapa kali. Sebagai agenda hiburan, rombongan selanjutnya diajak mengunjungi Istano Basa Pagaruyuang dan Jam Gadang.

Sementara itu rombongan Widyawisata dibawa mengunjungi Desa Wisata Apar, Lembah Anai, Istano Basa Pagaruyuang dan Jam Gadang. Berbagai atraksi menarik disuguhkan sepanjang kegiatan ini dan disambut antusias oleh para peserta.

Oyon Syafei dari KTNA Pusat sebelumnya dalam rapat persiapan menuturkan bahwa ini merupakan salah satu agenda studi banding dan widyawisata terbaik yang dilaksanakan karena semua kebutuhan peserta sudah dipersiapkan dan difasilitasi sepenuhnya oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Pariwisata. Pihaknya berharap ini bisa menjadi percontohan bagi pelaksana Penas Tani Nelayan tahun-tahun selanjutnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Luhur Budianda menyampaikan bahwa pihaknya bersama seluruh Panitia Bidang V sengaja mempersiapkan kegiatan ini sebaik mungkin agar para peserta benar-benar mendapat manfaat dari kegiatan ini. Pada sisi lain, ini juga dimanfaatkan sebagai ajang promosi pariwisata Sumatera Barat kepada para peserta yang mewakili Provinsi se-Indonesia. "Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan memposting di media sosial masing-masing. Dengan postingan mereka, diharapkan bisa membantu sebaran pesan promosi pariwisata Sumatera Barat ke seluruh Indonesia untuk menyukseskan tahun kunjungan wisata Visit Beautiful West Sumatra 2023", pungkasnya.