Pecinta Drakor Merapat, Gubernur Negeri Song He Kyo Kunjungi Sumbar

Kamis (16/2) Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi, direncanakan akan menyambut langsung kedatangan kolega gubernurnya dari timur jauh. Kim Kwan-young yang merupakan Gubernur Jeollabuk-Do (Provinsi Jeollabuk) Korea Selatan, dijadwalkan akan mendarat di Bandara Internasional Minangkabau pukul 18.00 WIB. 

Kedatangan Gubernur provinsi yang mencakup 8,1% wilayah negara Korea Selatan ini ditenggarai terkait pembahasan kerjasama Sister Province dan penandatanganan LoI antara Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jeollabuk. Ada pun beberapa titik berat kerjasama antara kedua provinsi yang memiliki keindahan identik ini adalah pada sektor pariwisata, pertanian dan perikanan, industri dan peningkatan kapasitas SDM. 

Ditemui di ruang kerjanya, Kamis (16/2), Kadispar Sumbar, Luhur Budianda, yang diagendakan ikut mendampingi Buya Mahyeldi menyambut Gubernur Kim Kwan-young, menyatakan bahwa Dispar Sumbar akan menjadi salah satu pihak yang akan mendapatkan banyak peluang terkait kerjasama Sister Province Sumatera Barat dan Jeollabuk-Do. 

“Provinsi Jeollabuk ini memiliki potensi yang mirip dengan apa yang kita miliki di Sumatera Barat, terutama pada sektor pariwisatanya. Dengan potensi keindahan alam dan beberapa situs wisata warisan dunia, Provinsi Jeollabuk juga memiliki beragam even tahunan internasional. Ini yang akan coba kita adopsi dan kerjasamakan nantinya,” tutur kepala dinas yang akrab disapa Budi ini. 

Dihubungi terpisah, Kepala Bagian Kerjasama Pemprov Sumbar, Zaki Fahminanda, menjelaskan bahwa item kerjasama antara Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jeollabuk berkembang menjadi beberapa item, dikarenakan ditemukan banyak kemiripan potensi antara kedua provinsi. 

“Pada awalnya memang arah kerjasama antara dua provinsi ini menitikberatkan ke sektor pariwisata. Tapi berdasarkan pembicaraan yang semakin intens antara kita dan mereka, ternyata ada beberapa sektor lain yang juga potensial untuk ditindaklanjuti dengan kerjasama. Antara lain pertanian, perikanan dan peningkatan kapasitas SDM,” ujarnya. 

Selain melakukan pertemuan dan penandatanganan LoI dengan Gubernur Sumatera Barat, Gubernur Kim Kwan-young juga dijadwalkan akan mengunjungi beberapa objek wisata yang terdapat di Sumatera Barat.