Kadispar perkokoh Sinergitas dengan BI Sumbar

 

Dihari pertama berdinas (Rabu 2/2/22), Kadispar Sumbar, Luhur Budianda beraudiensi dengan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar, Wahyu Purnama beserta jajaran. Bertempat di Ruang Rapat Utama Kantor Perwakilan BI Sumbar Jl. Jenderal Sudirman, Kota Padang, Wahyu Purnama menerima Kadispar beserta Kepala DPMPTSP dan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat.

Pertemuan bertujuan untuk menindaklanjuti pencanangan tahun kunjungan wisata Sumatera Barat 2023. "Kami ingin menggali sejauh mana progress persiapan tahun kunjungan wisata yang diberi tagline Visit Beautiful West Sumatra 2023 karena waktu yang tersisa sdh tidak banyak lagi," ujar Budi.

Dalam paparannya, Wahyu Purnama menyampaikan potensi pariwisata Sumbar sangat tinggi dan sangat perlu untuk dioptimalkan. Dari data BPS, Sumatera Barat masuk kedalam 10 besar destinasi Wisatawan Nusantara dan 3 besar destinasi favorit Wisatawan Mancanegara di Sumatera. Selain itu, potensi pariwisata Sumbar juga telah banyak mendapat pengakuan baik Nasional maupun Internasional. 

"Seperti diantaranya Provinsi dengan Desa Wisata terbanyak dan 4 Desa Wisata tersebut masuk kedalam 50 besar terbaik se-Indonesia, memiliki 11 Geopark yang 3 diantaranya sudah diakui secara nasional, Randang yang telah beberapakali dinobatkan CNN sebagai makanan terlezat di dunia, Juara World Best Halal Culinary Destination pada World Halal Tourism Award di Abu Dhabi 2016, diakuinya Ombak Mentawai sebagai salah satu Ombak terbaik di dunia oleh Surfer Magazine, dan masih banyak lagi pengakuan lainnya," terang Wahyu.

Selanjutnya Kadispar Sumbar, Luhur Budianda menyampaikan apresiasi atas gagasan "Visit Beautiful West Sumatra 2023" yang diinisiasi oleh Kepala Perwakilan BI Sumatera Barat. "Kami sangat mendukung kegiatan ini. Hal ini merupakan komitmen bersama untuk menghasilkan strategi pengembangan pariwisata yang lebih terintegrasi," ungkap Budi.

"Sumatera Barat tentunya harus mempersiapkan diri dengan baik untuk menyambut wisatawan apabila kondisi Covid-19 telah membaik. Seluruh stakeholders pariwisata harus solid bekerjasama fokus pada pengembangan pariwisata sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru provinsi Sumatera Barat," Pungkas Budi. (Dispar-Ag)

 

#wonderfulindonesia #tasteofpadang #ayokesumbar #pariwisatasumbarbersih #sumbarmadani #padang #pesisirselatan #padangpariaman #pariaman #agam #pasaman #pasamanbarat #bukittinggi #limapuluhkota #payakumbuh #padangpanjang #tanahdatar #kabupatensolok #kotasolok #sawahlunto #sijunjung #dharmasraya #solokselatan #mentawai