Kejar Peluang, Uda Wagub Audiensi bersama Dirjen Kebudayaan Kemdikbudristek RI

 

Selasa (25/01/22), Uda Wagub Sumbar, Audy Joinaldy bersama Bupati 50 Kota dan rombongan (Dinas Kebudayaan, Dinas Pariwisata serta Kesbangpol Prov. Sumbar) melakukan audiensi bersama Dirjen Kebudayaan - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI (Hilmar Farid) di kantor Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, di Jakarta. Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Gubernur Sumatara Barat dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI pada bulan Desember tahun 2021 yang lalu.

Dalam pertemuan kali ini, Uda Wagub menyampaikan beberapa topik bahasan, diantaranya; (1). Tindak lanjut rehabilitasi Makam Tuanku Imam Bonjol di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, (2). Tindak lanjut pembentukan Badan Pengelolaan Warisan Dunia OCMH/WTBOs, (3). Tindak lanjut program prioritas Dirjen Kebudayaan tahun 2022 untuk Sumbar, serta (4). Tindak lanjut pengelolaan dan sarana pendukung Museum PDRI di Kabupaten 50 Kota.

Hilmar Farid menegaskan, untuk rehabiltasi Makam Tuanku Imam Bonjol di Sulawesi Utara dapat diadakan pertemuan awal via zoom meting antara kedua belah pihak dengan fasilitasi dari Ditjen Kebudayaan sehingga didapat kesepatan dengan keterlibatan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Gorontalo. Mengenai Pembentukan Badan Pengelola WTBOS, segera ditindaklanjuti dengan zoom meting melibatkan Kepala Daerah 7 Kab/Kota yang difasilitasi oleh Dinas Kebudayaan Prov. Sumbar. Mengenai program kegiatan, Ditjen Kebudayaan memang sudah berkomitmen untuk mengalokasikan kegiatan yang memadai untuk Sumbar. Untuk Program PDRI, sampai saat ini Dirjen Kebudayaan sudah menganggarakan lebih kurang Rp. 90 Milyar.

Akhit dari pertemuan ini, Uda Wagub menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI yang telah memperhatikan Sumbar dan berharap segera menindaklanjuti hasil pertemuan audiensi ini dengan pertemuan via zoom meeting bersama berbagai stakeholders terkait.

#wonderfulindonesia #tasteofpadang #ayokesumbar #pariwisatasumbarbersih #sumbarmadani #padang #pesisirselatan #padangpariaman #pariaman #agam #pasaman #pasamanbarat #bukittinggi #limapuluhkota #payakumbuh #padangpanjang #tanahdatar #kabupatensolok #kotasolok #sawahlunto #sijunjung #dharmasraya #solokselatan #mentawai #sumaterabarat #WTBOS #OCMH #tuankuimambonjol #kemendikbudristek